Wednesday, February 22, 2017

Mempercantik Tampilan Project Visual Basic 6.0 Bagian 3

Hello Sahabat SB semua!!! semoga selalu memiliki kabar yang baik.

Pada waktu lalu kita sudah membahas tentang bagaimana mempercantik tampilan project yang kita bangun menggunakan Visual Basic 6.0 bagian 1 yaitu menggunakan Active Skin Versi 4.3 dan bagaimana mempercantik tampilan project Visual Basic 6.0 bagian 2 menggunakan Codej*ck software skin. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari bagaimana mempercantik tampilan project Visual Basic 6.0 dengan menggunakan skin selain Active Skin dan Codej*ck.



Pada kesempatan kali ini kita akan mempercantik tampilan project yang kita bangun dengan menggunakan VB Skinner. Namun, sebelum melakukan percobaan ini, dianjurkan sahabat SB semua sudah menginstall software skin tersebut dalam komputer yang akan sahabat SB gunakan. Jika sahabat belum memiliki software skin tersebut, sahabat dapat mendapatkannya di sini. Setelah terpasang, Ayo kita mulai.

Pertama, untuk mempercantik tampilan project yang kita bangun, tentunya sahabat SB semua harus sudah memiliki project yang akan dipercantik kemudian buka project tersebut atau setidaknya sahabat SB sudah membuka project baru minimal satu form.

Kedua, tambahkan komponen vb skinner melalui Project -> Components atau melalui tombol CTRL + T kemudian berikan tanda centang sehingga komponen vb skinner muncul dalam daftar komponen sebelah kiri project.


Langkah selanjutnya, buka form kemudian dobel klik komponen vb skinner sampai muncul pada form.

Selanjutnya jalankan project dan lihat hasilnya. Namun, langkah di atas hanya dapat digunakan untuk mempercantik 1 form saja. Lalu bagaimana jika kita ingin mempercantik semua form dalam project? ikuti langkah selanjutnya. 

Untuk mempercantik semua form dalam project, ketik kode berikut ke dalam jendela source code ( View -> Code ) pada form yang akan digunakan sebagai startup :

Private Sub Form_Load()
    Skinner1.ApplyTo = skAllForms
    Set Skinner1.Forms = Forms
  Skinner1.ChSD_SkinsFolder = "C:\Program Files (x86)\vbSkinner Pro 2\Samples\Very_Easy\skins"
End Sub

Kemudian jalankan project dan lihat hasilnya.

Semoga penjelasan mengenai mempercantik tampilan project Visual Basic 6.0 bagian 3 ini memberikan manfaat serta menambah wawasan bagi sahabat SB pada umumnya dan kepada penulis pada khususnya. Jika ada kekeliruan atau kekurangan mengenai penjelasan di atas, saran dan komentar sangat diharapkan. Terima kasih.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran yang membangun kami harapkan!

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Blog ini sangat membantu bagi anda?