Friday, February 24, 2017

Menampilkan Informasi Sistem Operasi Windows Dengan VB 6.0

Halo sahabat SB semua...!!! Sore ini kita akan mempelajari tentang bagaimana menampilkan informasi sistem yang terinstal di komputer kita khususnya sistem operasi windows. Namun, sebelum kita mulai, terlebih dahulu perlu kita ketahui mengapa menampilkan informasi mengenai jenis sistem operasi windows yang terinstal dalam komputer kita sangat penting ? berikut alasannya...


Mengetahui informasi tentang jenis sistem operasi windows merupakan salah satu hal yang sangat penting, khususnya bagi para programmer dalam mengembangkan software atau aplikasi yang dibuat. Karena dengan mengetahui jenis sistem operasi yang terinstal, aplikasi atau software yang dibuat dapat disesuaikan untuk menghindari error atau debug.

Bayangkan jika kita sudah membuat suatu aplikasi dengan susah payah dan tanpa error, bahkan sudah kita coba dipasang / diinstal pada komputer lain tidak mengalami kegagalan. Namun, ketika pasang pada komputer yang lainnya ternyata mengalami error. Setelah diperiksa ternyata penyebabnya adalah perbedaan jenis sistem operasi. Hal tersebut terjadi karena antara struktur sistem satu dengan sistem lainnya memiliki perbedaan, sehingga kadang kala kita menemukan kegagalan dalam menerapkan aplikasi atau software yang kita buat.

Alasan tersebut menyebabkan SuruhBelajar tergugah untuk berbagi informasi mengenai bagaimana mengetahui informasi sistem operasi yang ada pada suatu komputer menggunakan Visual Basic 6.0. Untuk menampilkan informasi sistem operasi menggunakan Visual Basic 6.0, berikut langkahnya.

Pertama, buatlah sebuah project baru dan tambah satu form. Selanjutnya tambahkan sebuah label ke dalam form.

Setelah itu, ketik kode berikut pada halaman source code form.

Private Sub Form_Load()Dim Win As ObjectFor Each Win In GetObject("winmgmts:").InstancesOf("Win32_OperatingSystem")Label1.Caption = Win.Caption & vbCrLf & Win.CSDVersion & vbCrLf & "Version : " & Win.Version & vbCrLf & "Build : " & Win.BuildNumber & vbCrLf & _Win.OSArchitectureNextEnd Sub

Sekarang jalankan project dan lihat hasilnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Untuk contoh project yang sudah jadi, silakan download di sini!

Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan lho...!!!

Password: suruhbelajar.blogspot.co.id
Share:

1 komentar:

Kritik dan saran yang membangun kami harapkan!

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Blog ini sangat membantu bagi anda?