Wednesday, March 29, 2017

Cara Jitu Memperbaiki Printer Canon IP2770 Berkedip 5 Kali

Pembahasan ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dua hari yang lalu ketika akan mencetak undangan kematian untuk tetangga. Sebenarnya printer sudah bermasalah sejak sekitar 3 bulan yang lalu dikarenakan
kesalahan meletakkan botol infus tinta terlalu tinggi daripada printer. Saat itu tinta hitam habis, kemudian botol kami isi penuh dan kami letakkan pada tempat yang lebih tinggi dari printer. Namun, ketika printer akan digunakan untuk mencetak dokumen, tiba-tiba berkedip 5 kali. Ketika dibuka, ternyata tinta keluar dari cartridge sampai kemana-mana dan sejak saat itu printer kami diamkan.

Setelah kejadian itu, printer tidak lagi kami gunakan dan kami simpan sampai akhirnya kemarin tetangga minta pertolongan untuk dibuatkan undangan sederhana satu lembar untuk dua undangan, kemudian muncullah rasa penasaran terhadap printer yang kami simpan. Siapa tahu printernya sudah baikan lagi dengan sendirinya.

Setelah printer kami coba, ternyata masih bermasalah yaitu berkedip 5 kali. Kemudian kami coba dan mencoba untuk memperbaikinya. Berbagai cara dilakukan bahkan mencari di internet pun kita coba tidak berhasil. Jalan terakhir dari salah satu artikel di internet menyarankan untuk mengganti cartridge atau dibawa tempat servis printer. Mengingat cartridge yang dipakai masih baru.

Namun, tidak ada salahnya sebelum jalan terakhir itu kami lakukan kami mencoba memperbaiki sendiri, mengingat servis printer sangat mahal. Dahulu kami pernah membawa ke tempat servis printer karena tinta tidak mau keluar setelah mencetak dokumen 2 lembar lalu menunggu sekitar 15 menit. Jadi, printer hanya bisa mencetak normal 2 lembar setiap 15 menit. Setelah dibawa ke tempat servis komputer ternyata masalahnya sepele, pin untuk menghubungkan kabel infus dengan cartridge ternyata pin tertutup, buka pin berlubang. Jadi pantas tinta tidak masuk ke cartridge.

Sebelum itu saya sudah pernah mengganti pin, waktu itu saya beli seharga 200 rupiah untuk satu pin dan ketika ditempat servis saya kaget. Satu pin yang tertutup diganti pin berlubang yang harganya cuma 200 rupiah kita harus membayar biaya servis 29.500. Sejak saat itu kami berpikir dua kali ketika printer bermasalah akan dibawa ke tempat servis. Kecuali kalau keadaan terpaksa dan darurat.

Lalu, bagaimana mengatasi masalah printer Canon IP2770 yang kita punya berkedip 5 kali berwarna kuning? Caranya adalah:

RESET PRINTER
Sebelum mereset, siapkan softwarenya. Jika belum punya, sahabat dapat mengunduhnya DI SINI kemudian lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka software resetnya. Tekan "MAIN" printer akan mencetak satu lembar
  2. Tekan "EEPROM Clear"
  3. Tekan "EEPROM". Tunggu printer mencetak 1 lembar.
  4. Matikan printer. dan hidupkan lagi.


Jika masih bermasalah lakukan cara selanjutnya.

TRIK MANUAL

  1. Nyalakan printer dan buka tutup printer sehingga cartridge berada di posisi tengah.
  2. Matikan printer secara paksa dengan mencabut kabel power.
  3. Keluarkan kedua cartridge dan tutup cartridge biarkan dalam keadaan terbuka.
  4. Sambungkan kembali kabel power dan hidupkan kembali printer sampai tempat cartridge bergerak ke kiri dan ke kanan dan tunggu hingga berhenti.
  5. Pasang kedua cartridge dan tunggu sebentar, printer akan kembali normal.


TRIK ASLI PENGALAMAN PRIBADI
Dari pengalaman kami 2 hari yang lalu, cara di atas masih tetap tidak berhasil. Kemudian kami lakukan trik sendiri tanpa mencari informasi dari manapun dan ternyata berhasil. Trik yang kami lakukan adalah:

Pertama, siapkan cartridge bekas yang masih normal. Kemudian nyalakan printer dan buka printer sampai cartridge ke posisi tengah. Buka penutup cartridge dan ganti cartridge dengan cartridge bekas yang sudah disiapkan dan tunggu hingga printer diam ditandai dengan lampu hijau menyala, lampu kuning mati (tidak berkedip) dan tidak ada aktivitas dari printer.

Selanjutnya, coba gunakan untuk mencetak satu lembar dokumen. Jika lampu kuning berkedip lagi dengan cepat jangan kuatir, karena itu bertanda sejalan dengan kasus yang kami hadapi. Selanjutnya, tekan tombol lampu kuning sampai lampu tidak berkedip lagi, ketika lampu tidak berkedip seketika langsung lepaskan tombol dan tunggu sampai dokumen dicetak.

Selanjutnya, jika dokumen berhasil dicetak, artinya sahabat sudah melakukannya dengan benar. Kemudian buka tutup printer, dan ganti cartridge bekas dengan cartridge yang tadinya dianggap bermasalah oleh sang printer. Tutuplah printer dan tunggu sebentar. Lihatlah hasilnya, jika tidak ada lampu kuning berkedip dan hanya lampu hijau yang menyala artinya printer sahabat kembali normal.

Namun, jika langkah terakhir ini masih belum berhasil, sebaiknya dibawa ke bengkel printer atau dicoba coba sendiri lagi itu lebih baik, Jika sudah putus asa barulah sahabat kirim ke bengkel printer.

Semoga bermanfaat.
Share:

13 komentar:

  1. gan bisa minta pasword winrar?

    ReplyDelete
  2. terima kasih, artikel anda sangat membantu.. canonku sudan tidak blink 5 kali. sekarang bisa dipakai.. jazakallohu khoir..

    ReplyDelete
  3. kalau trik yang gagal ngapain dishare, bambang...

    ReplyDelete
  4. tidak berhasil kak... muncul peringatan katrij tidak dikenali.. dan tetap blink 5X..

    ReplyDelete
  5. ini punyaku ada indikator tinta tidak dikenal di laptopnya dan lampu kuning juga kedip 5 kali gimana solusinya ya gan trims

    ReplyDelete
  6. ga niat nge share ,ga usah dikasih password gan..asal copas aja ini mah

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah , berhasil , tinta berwana yang jadi masalah , saya pakai tinta berwana yang lama dibersihkan dgn air panas , semprot dengan kompresor angin ,atau pompa tangan jadi bisa , 2 minggu macet , macam - macam cara saya coba , ini baru berhasil , semoga teman mencobanya , terima kasih

    saya sudah 8 tahun gunakan printer canon ip 2770 , sering menangani masalah , alhamdulillah bisa teratasi , beli bekas , yang penting cartride kosong yang asli dan masih bagus , di rendam air panas setengah dari tinggi cartrige , semprot dengan angin kopmresor , rendam air panas semprot lagi , isi ulang dengan tinta yang cocok , buat 2 lubang untuk isi tinta dgn soder , agar isi tinta mudah , siap dipasang , dijamin lancar , terima kasih

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah , berhasil , tinta berwana yang jadi masalah , saya pakai tinta berwana yang lama dibersihkan dgn air panas , semprot dengan kompresor angin ,atau pompa tangan jadi bisa , 2 minggu macet , macam - macam cara saya coba , ini baru berhasil , semoga teman mencobanya , terima kasih

    saya sudah 8 tahun gunakan printer canon ip 2770 , sering menangani masalah , alhamdulillah bisa teratasi , beli bekas , yang penting cartride kosong yang asli dan masih bagus , di rendam air panas setengah dari tinggi cartrige , semprot dengan angin kopmresor , rendam air panas semprot lagi , isi ulang dengan tinta yang cocok , buat 2 lubang untuk isi tinta dgn soder , agar isi tinta mudah , siap dipasang , dijamin lancar , terima kasih

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. insaf bang ngasih cara tapi masih dipassword

    ReplyDelete

Kritik dan saran yang membangun kami harapkan!

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Blog ini sangat membantu bagi anda?