Monday, March 6, 2017

Koneksi Visual Basic 6.0 dengan Database Firebird Menggunakan Modul

Hallo teman-teman SB semua!!!

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengoneksikan Pemrograman Visual Basic 6.0 dengan database Firebird menggunakan sebuah modul pada VB 6.0. Mungkin teman-teman sahabat SB sudah mengetahui tentang bagaimana mengoneksikan VB 6.0 dengan database Firebird tanpa modul, atau
bahkan sudah mengetahui bagaimana mengoneksikan VB 6.0 dengan database Firebird menggunakan modul. Namun, tidak menutup kemungkinan dengan cara yang sama, tetapi penulisan koding yang berbeda akan memberikan nilai tambah sebagai wawasan dan pengalaman yang lebih untuk kita semua.

Sebenarnya apa sih perbedaan antara koneksi menggunakan modul dan tanpa modul? dan apa keuntungannya jika menggunakan modul? Nah, di sini yang perlu kita ketahui sehingga kita dapat menentukan lebih baik menggunakan modul atau tanpa modul.

Koneksi tanpa menggunakan modul menurut penulis memiliki kekurangan, yaitu kita diwajibkan menulis koneksi setiap kita ingin menghubungkan aplikasi yang kita bangun dengan database, khususnya firebird. Sehingga setiap bagian dari masing-masing form yang berhubungan dengan database harus didahului dengan penulisan kode koneksi terlebih dahulu. Sehingga, ketika terjadi perubahan koneksi, kita harus mengubah satu per satu dari setiap koneksi yang kita tulis.

Bayangkan jika kita memiliki 15 form dan di setiap form memiliki 4 (empat) fungsi yang menghubung ke database, yaitu INSERT, UPDATE, DELETE, SELECT sehingga setiap form harus ditulis koneksi 4 kali. Artinya, dalam 15 form kita harus menulis koneksi 15x4 = 60 kode koneksi. Bagaimana jika di akhir pembuatan aplikasi ternyata terjadi perubahan koneksi? maka kita harus mengubah satu per satu dari 60 koneksi yang kita tulis. Itulah kekurangan dari koneksi tanpa menggunakan modul menurut penulis.

Lalu, apa keuntungan kita menulis kode koneksi menggunakan modul? tentu keuntungannya adalah kebalikan dari kekurangan menulis kode koneksi tanpa menggunakan modul seperti yang tertulis di atas. Dengan menuliskan kode koneksi di dalam modul, maka jika kita membutuhkan koneksi untuk melalukan INSERT, DELETE, UPDATE, SELECT dalam setiap form maka kita tinggal memanggil kode koneksi dalam modul tersebut. Sehingga hal ini akan memudahkan para Application Developer melaksanakan tugasnya membangun aplikasi.

Lalu bagaimana cara melakukan koneksi menggunakan modul? khususnya VB 6.0 terhadap database Firebird. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama, siapkan project yang akan kita tambahkan koneksi. Selanjutnya tambahkan sebuah modul melalui menu Project -> Add Modul

Setelah modul ditambahkan, tulislah kode berikut di dalam modul:

Global koneksi As ConnectionGlobal Comm As CommandGlobal rc As RecordsetGlobal sql As String

Public Sub Buka()    On Error GoTo Salah    Set koneksi = New Connection    Set Comm = New Command    Set rc = New Recordset    With koneksi        .Provider = "MSDASQL.1"        .ConnectionString = StrConn        .Open    End With    Comm.ActiveConnection = koneksi    Comm.CommandText = sql    Comm.Prepared = True    Comm.Parameters.Refresh    Set rc = Comm.Execute    sql = ""
End Sub

Public Sub Tutup()koneksi.CloseSet koneksi = NothingEnd Sub

dimana StrConn adalah sebagai berikut:

  • Jika database berada dalam komputer lokal (localhost) maka cukup kita ganti dengan:
DRIVER=Firebird/InterBase(r) driver;UID=SYSDBA;PWD=masterkey;DBNAME=MyDB;
  • Jika database dalam komputer lain (jaringan) maka kita ganti dengan:
DRIVER=Firebird/InterBase(r) driver;UID=SYSDBA;PWD=masterkey;DBNAME=MyServer:MyDB;

Keterangan:
SYSDBA: merupakan user default (bawaan) dari database Firebird, silakan ganti jika berbeda.
masterkey: merupakan password default (bawaan) dari database Firebird, silakan ganti jika berbeda.
MyDB  : merupakan nama dan alamat database Firebird yang akan kita koneksikan.
MyServer: merupakan nama komputer atau alamat IP komputer di mana database Firebird berada.

Jika sudah, maka kita tinggal memanggilnya. Perhatikan contoh project sederhana berikut:
1. Buat project baru, tambahkan modul, dan masukkan kode koneksi dalam modul.

2. Tambahkan Referensi Microsoft ActiveX Data Objects 2.8 Library melalui menu Project -> References.

3. Misalkan kita punya database firebird dengan nama LATIHAN dan dalam database terdapat tabel T_PERSONIL dengan data sebagai berikut:


4. Tambahkan label pada form.

5. Panggil data dari database, dan tampilkan pada label dengan menulis kode berikut pada form.

Private Sub Form_Load()sql = "select*from t_personil where idp=1"Buka    Label1.Caption = "Hasil:" & vbCrLf & vbCrLf & "IDP: " & rc.Fields(0) & vbCrLf & "NAMA: " & rc.Fields(1) & vbCrLf & "ALAMAT: " & rc.Fields(2)TutupEnd Sub

6. Selesai dan lihat hasilnya.


Bagaimana menurut sahabat-sahabat SB semua? mudahkan ?

Untuk contoh project di atas, dapat sahabat download pada link yang terletak di tengah artikel ini, dengan password di bawah:

Password: suruhbelajar.blogspot.com

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran yang membangun kami harapkan!

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Blog ini sangat membantu bagi anda?