Thursday, November 16, 2017

Mengulang Nama atau Judul Kolom di Setiap Halaman pada Excel


Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari bagaimana mengulang nama kolom agar di setiap halaman yang kita cetak muncul nama kolom yang telah kita buat. Namun sebelum kita membahas materi utamanya, kita perlu mengetahui perlunya tutorial ini untuk kita ulas.


Mengapa ini penting?

Jelas sangat penting!!!! Jika kita membuat tabel dengan data yang sangat banyak, mungkin puluhan, ratusan, bahkan bisa ribuan baris data maka pengulangan nama kolom sangatlah penting untuk kita gunakan agar kita tidak kebingungan jika melihat data-data di setiap halaman.

Dari gambar di atas, kita melihat ada beberapa nama kolom (NO, RT, RW, NIK, ....) yang nantinya akan kita lakukan pengulangan di setiap halaman.

Bagaimana caranya?

Pertama, siapkan file yang berisi data anda yang akan kita ulang judul kolomnya. Selanjutnya, buka file kemudian pilih menu Page Layout.


Selanjutnya, pilih menu Print Titles pada Toolbar, sehingga akan muncul halaman Page Setup. Selanjutnya pilih tab Sheet.




Selanjutnya, pada area Print Titles di bagian Rows to repeat at top, pilih area judul kolom dengan menekan tombol sebelah kanan kotak putih.


Kemudian, setelah muncul form kecil seperti berikut ini, blok area judul kolom yang akan kita ulang pada setiap halaman.



Jika sudah dipilih, tutup halaman dengan menekan tombol silang pada pojok kanan halaman seperti gambar di atas dan anda akan dibawa kembali ke halaman Page Setup, pilih OK dan pengulangan judul kolom telah dilakukan.


Coba anda Print Preview untuk melihat hasilnya. Pilihlah tombol Next Page untuk melihat hasil pengulangan judul kolom pada halaman yang lain.


Hasilnya seperti gambar di bawah ini untuk halaman yang lain.


Bagaimana menurut anda? mudahkan?

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan saran yang membangun kami harapkan!

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Blog ini sangat membantu bagi anda?